fbpx
Home / Kurikulum Pendidikan

Kurikulum Pendidikan

Sebagaimana sudah dimaklumi bersama, Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia. Pondok pesantren menjalankan fungsinya sebagai Lembaga Kaderisasi calon pemimpin masa depan. Karena tujuan pokok didirikannya pesantren adalah penyiapan kader, maka seluruh instrumen dan kegiatan di pondok ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian dan kepemimpinan. Termasuk di dalamnya adalah desain kurikulum pondok merupakan hasil integrasi seluruh unsur-unsur pendidikan yang diperlukan.

Tripusat pendidikan: 1. Pendidikan Sekolah; 2. Pendidikan Rumah; dan 3. Pendidikan Lingkungan, semua di format sedemikian rupa di kampus pondok, dengan tata kelola yang terorganisir dengan baik dibawah pengawasan Kiai dan pembantu-pembantunya.

 

Muatan-Muatan Materi Pelajaran

 

A.   Pendidikan Agama Islam
1 Aqidah
2 Tafsir
3 Hadits
4 Fiqih
5 Ushul Fiqh
6 Mahfudzot
7 Siroh
8 Tajwid
B.   Bahasa Arab
1 Muthala’ah
2 Bahasa Arab
3 Muhadatsah
4 Ta’bir
5 Tamrinat
6 Balaghoh
7 Nahwu
8 Shorof
9 Imla’
10 Khot
C.   Bahasa Inggris
1 Bahasa Inggris
D.   Pengetahuan Umum
1 Kewarganegaraan
2 Bahasa Indonesia
3 Matematika
4 Fisika
5 Biologi
6 Kimia
7 Sejarah
8 Geografi
9 Ekonomi
10 Sosiologi

 

Program Wajib di Luar KBM

 

Untuk menunjang keberhasilan pendidikan, santri perlu penguatan-penguatan dari sisi Ruhiyyah, Fikriyah dan Jasadiyah. Diantara program-program tersebut diadakan dan wajib di ikuti oleh seluruh santri:

  1. Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an (Target program reguler: 5 Juz dan target untuk program Takhossus: 30 Juz)
  2. Mentoring pekanan
  3. Muhadharah dan Muhadatsah
  4. Pramuka

 

Dengan pola pengawasan yang ketat dan program evaluasi yang terpadu, diharapkan seluruh santri mendapatkan porsi layanan pendidikan sesuai yang di harapkan.

(zoel)